Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan P4GN Bagi Masyarakat Kelurahan Sitinjak

oleh -19 Dilihat
oleh

TAPANULI SELATAN – FBN | Kelurahan Sitinjak Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan menyelenggarakan acara sosialisasi/penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba dan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) bagi masyarakat se Kelurahan Sitinjak dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan, diantaranya dengan memakai masker, menjaga jarak dan menyiapkan Wastafel Portable untuk cuci tangan, selasa ( 4/08/2020 ) Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Acara tersebut dilaksanakan bertempat di ruang kelas SD Negeri 2 Sitinjak, dimulai pukul 09.00 Wib, yang dihadiri sekitar 75 orang dari perwakilan Karang Taruna, Naposo Nauli Bulung, Organisasi Pemuda Pancasila, PC KNPI, DPC Mapan RI Tapsel, LPMK, para Kepling, Mahasiswa KKL-DR IAIN Padangsidimpuan, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama dan lainnya se Kelurahan Sitinjak dengan narasumber Kepala BNN Kabupaten Tapanuli Selatan AKBP. Dra. Siti Aminah Siregar.

Lurah Sitinjak, Raja Pandapotan, SE., dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan acara tersebut adalah untuk meningkatkan wawasan pengetahuan masyarakat kelurahan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, serta beberapa upaya awal yang dapat dilakukan dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), demi terwujudnya masyarakat Kelurahan Sitinjak yang sehat dan bersih dari narkoba.

” Kegiatan ini juga selaras dengan visi misi Bupati Tapanuli Selatan Bapak H. Syahrul M Pasaribu, SH yakni terwujudnya masyarakat yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera.” Tuturnya.

Lurah Sitinjak, Raja Pandapotan, SE yang juga Fungsionaris DPC Mapan RI Tapsel mengatakan bahwa, permasalahan narkoba bukan saja menjadi masalah nasional tetapi bahkan internasional, dimana Narkoba sudah merambah di seluruh daerah bahkan hingga kepelosok – pelosok negri”.

“Tentunya kita tidak menginginkan masyarakat khususnya para pemuda di Kelurahan Sitinjak terjerumus menjadi pengguna bahkan menjadi pecandu narkoba, mengingat dampak negatif narkoba sangat berbahaya dan menghambat kemajuan pembangunan disegala bidang,” tegas Raja.

Selaku Narasumber, Kepala BNNK Tapanuli Selatan AKBP. Dra. Siti Aminah Siregar dalam pemaparannya diantaranya menjelaskan tentang P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) serta bahaya narkoba yang mengandung zat – zat beracun yang bisa menyebabkan penggunanya akan selalu ketergantungan atau kecanduan terhadap obat -obatan tersebut, karena merusak organ – organ tubuh, mempengaruhi berkurangnya daya pikir seseorang atau membuat pikiran menjadi tidak rasional dan kerusakan otak secara permanen, bahkan lebih mengerikan lagi adalah berujung pada kematian.

Sementara Camat Angkola Barat dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut diantaranya mengatakan perlu ada tindak lanjut dari sosialisasi ini, seperti terbentuknya para relawan di tiap lingkungan yang ada di kelurahan sitinjak. Tentunya peredaran narkoba akan tercegah jika semua lapisan masyarakat saling dukung dalam mencegah penyalahgunaan narkoba disemua kalangan.

Kegiatan tersebut diikuti para peserta sosialisasi dengan baik dan antusias dan berakhir sekitar pukul 13.00 Wib dengan makan dan foto bersama, dengan harapan para peserta nantinya aktif menyebarkan hasil sosialisasi kepada mayarakat khususnya para pemuda yang ada di lingkungannya guna menciptakan ketahanan lingkungan di Kelurahan Sitinjak dari pengaruh buruk narkoba, terang Raja. SE.

Reporter : (MG)