Menghadapi kemarau Panjang, Camat Pedes Kirimkan Surat Permohonan Normalisasi Saluran Irigasi ke BBWS

oleh -27 Dilihat
oleh

KARAWANG – FBN | Dalam menghadapi kemarau panjang, Furqon Jalaludin selaku camat pedes akan kirimkan surat permohonan normalisasi saluran irigasi (pengerukan) ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) citarum. Rabu (22/07/20).

Perihal normalisasi saluran irigasi (pengerukan), dimaksudkan agar irigasi yang telah mengalami pendangkalan di wilayah kecamatan pedes segera dilakukan pengerukan. Yaitu di saluran sekunder, tepatnya dari jembatan kampung kelapa dua Desa Jatimulya sampai dengan jembatan Desa Kendaljaya.

Hal itu guna saluran air di irigasi mengalir dengan maksimal dalam mengairi pesawahan, dan diharapkan sebelum datangnya musim kemarau panjang, pengerukan sudah dilakukan. Seperti apa yang di katakan Furqon Jalaludin selaku camat pedes, “karena kemarin informasi dari UPTD pertanian masa tanam itu harus sudah mulai bulan Agustus, terus PJT II ini mungkin dilihat dari perkiraan cuaca akan terjadi kemarau panjang. Maka dihimbau masa tanam itu dipercepat di bulan Agustus”. Ucap Furqon Jalaludin selaku camat pedes.

Surat permohonan tersebut ditujukan kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) citarum direktorat jenderal sumber daya air kementerian PUPR di Bandung. Berdasarkan hasil monitoring Kasi Tantrib kecamatan pedes pada hari Selasa tanggal 07 Juli 2020 ke saluran irigasi wilayah kecamatan pedes. Dalam surat permohonan, tertulis tembusan kepada Bupati Karawang sebagai laporan, juga Dinas PUPR kabupaten karawang, dan Perum Jasa Tirta II.

Furqon Jalaludin selaku camat pedes mengatakan sudah berkordinasi dengan PJT wilayah II, “Karena ini termasuk saluran sekunder sehingga disampaikan nya kepada kepala BBWS citarum. direktorat jenderal sumber daya air kementerian PUPR di Bandung, dan tembusan nya ke Perum Jasa Tirta II PJT. Dan PJT II juga sudah minta titik koordinat irigasi tersebut, beliau juga berterimakasih informasinya atas keluhannya yang sudah di share, nanti di tindak lanjuti dengan di kirimnya surat ini. Mudah mudahan sebelum kemarau panjang sudah ada pengerukan. Terangnya kepada fokusberitanasional.net saat menyambanginya di kantor kecamatan pedes.

Reporter : (Ahmad)