Ketua SMSI Sumut Lantik Pengurus SMSI Tapanuli Selatan Periode 2023-2026

oleh -125 Dilihat
oleh

FOKUS BERITA TAPANULI SELATAN – Kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Tapanuli Selatan periode 2023 – 2026, resmi dilantik oleh Ketua SMSI Provinsi Sumatera Utara, Erris J Napitupulu, Senin (20/11/2023).

Bertempat di Hall Tabo Coffee Sipirok, pelantikan Pengurus SMSI Tapsel periode 2023 – 2026 di ketuai oleh Julpan Tambunan dari media wartalive.co.id, kegiatan berlangsung khidmat dan lancar.

Dengan tema “Mewujudkan Semangat Berliterasi Demi Membangun Media yang Aktif dan Profesional”, pelantikan itu juga sekaligus menegaskan kehadiran SMSI di Tapsel untuk mendukung jalannya program pembangunan Pemkab Tapsel di tengah masyarakat.

“Bersama Sekretaris Ali Imran, Bendahara Samsul Hasibuan, Bidang-bidang dan jajaran pengurus lainnya, kami SMSI Tapanuli Selatan siap bersinergi dengan Pemkab, swasta dan elemen masyarakat. Tujuannya untuk Tapel yang maju dan berkembang,” ujar Julpan Tambunan dalam sambutannya.

Julpan Tambunan, yang juga Ketua Kadin Kota Padangsidimpuan itu, berkomitmen menjadikan perusahaan media siber yang profesional. “Perlahan kita bergerak ke sana, sehingga produk informasi yang dihasilkan pun berkualitas, bukan hoaks,” ucap Julpan Tambunan.

Bupati Tapsel, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, dalam sambutannya diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Ali Akbar Hutasuhut, mengatakan pihaknya berkepentingan atas kehadiran SMSI di Kabupaten Tapsel.

Kepentingan tersebut untuk penyampaian informasi, sosialisasi program pembangunan dan sebagai pemberi saran, masukan dan kritik yang membangun. Karenanya ia menyampaikan selamat sukses atas pelantikan pengurus SMSI Tapsel.

“Di ranah inilah, kita harus meningkatkan sinergi. Soal antisipasi informasi hoax, saya yakin itu sudah menjadi salah satu concern SMSI, dan memang itulah yang juga kami harapkan, informasi yang beredar di Tapsel adalah berita yang valid dan edukatif serta menginspirasi ataupun menghibur,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Tapsel, Abdul Basid Dalimunthe, dalam sambutannya. Ia menyampaikan apresiasiasinya atas hadirnya SMSI di Tapsel, yang pelantikan kepengurusan SMSI Tapsel 2023-2026, didukung dan dihadiri banyak pihak.

“Mari kita tetap solid bersama para media dan wartawan di Kabupaten Tapsel. Saya berharap dengan dilantiknya SMSI ini, pemberitaan yang membangun dari Tapsel dapat menghiasi ruang publik,” katanya.

Adapun Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu, menyampaikan harapannya agar Pengurus SMSI Tapsel memberi warna baru terhadap perkembangan SMSI di Sumut. “Di Tapsel khususnya, SMSI harus menjadi salah satu motor pembangunan, bangunlah sinergi dengan Pemkab Tapsel, Forkopimda, para mitra dan termasuk kepada elemen masyarakat,” ujar Erris J Napitupulu.

Untuk mewujudkannya, seluruh Pengurus SMSI di Tapsel harus menegakkan UU Pers, kode etik jurnalistik, dan segala peraturan di SMSI serta juga menjunjung tinggi Pers Pancasila.

Ditambahkan Erris, SMSI yang terbentuk pada 7 Maret 2017 lalu, beranggotakan sekitar 3.000 media siber (online), yakni mereka para pemilik media siber. Di Sumut sendiri, jumlahnya terus bertumbuh.

Pengurus SMSI Sumut yang hadir bersama Ketua Erris, di antaranya Sekretaris Ariadi, Bendahara Agus S Lubis, Ketua Bidang Organisasi dan Daerah Benny Pasaribu, serta Penasehat Zulfikar Tanjung dan Rony Purba.

Hadir juga pada pelantikan itu, di antaranya unsur Forkopimda Tapsel, Sekretaris SMSI Kota Padangsidimpuan, Irfan dan pengurus, Syawaluddin dari SMSI Kabupaten Mandailing Natal, serta Wakil Ketua PWI Tabagsel Cerem Meha.

Kemudian pengurus KONI, Pemuda Pancasila (PP) dan Ormas/OKP Tapsel lainnya, Senior Manager Communication PT Agincourt Resources (PTAR), Katarina S Hardono, dan sejumlah perwakilan perusahaan yang ada di Tapsel.

Pelantikan tersebut juga disemarakkan dengan penampilan tarian lokal khas Tapsel, serta penyerahan cinderamata berupa plakat dan syal ulos kepada Ketua SMSI Sumut, Forkopimda dan sejumlah tokoh.

 

Penulis: FBN 009

Editor: A Uban