Badan Restorasi Gambut terus Berkontribusi bagi Masyarakat

oleh -14 Dilihat
oleh

JAMBI – FBN || Badan Restotasi Gambut (BRG) telah melakukan kegiatan di Prov Jambi sejak tahun 2017. BRG sendiri terbentuk melalui PP No 1 tahun 2016 tentang Badan Restorasi Gambut. BRG bekerja secara khusus, sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh untuk mempercepat pemulihan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut yang rusak terutama akibat kebakaran dan pengeringan.

BRG mempunyai 3 program dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan terutama di lahan gambut, antara lain pembangunan sekat kanal, sumur bor dan kegiatan revitalisasi sosial ekonomi masyarakat yang bertujuan untuk membantu perekonomian warga disekitar lahan gambut. Di prov jambi BRG mulai menjalankan program nya pada tahun 2017 di 3 kabupaten yaitu, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Muaro Jambi.

Pada saat ini telah banyak sekat kanal, sumur bor dan bantuan yang telah dilaksanakan di 3 kabupaten tersebut. Ketiga program tersebut diharapkan dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan yang ada di prov Jambi.

Warga sekitar menjelaskan, bahwa bantuan revitalisasi disalah satu desa di Kabupaten tanjung Jabung Timur. “ kami sangat berterimakasih kepada BRG melalui Dinas Kehutan Prov Jambi yang telah memberikan bantuan revitalisasi ekonomi kepada warga kami.

Atas bantuan tersebut, itu adalah suatu perhatian dari pemerintah, terutama warga kami yang tinggal di sekitar lahan gambut. Kami berharap program BRG dapat berjalan terus dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan pada sektor perekonomian masyarakat gambut dan dapat terbantu dengan kegiatan ini kata mereka.

Pendamping BRG melalui Dinas Kehutanan Prov Jambi yang mempasilitasi Program ini, telah memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian masyarakat sekitar lahan gambut. Bantuan ini sangat menyentuh para lapisan warga dasar Desa.

Karena bantuan ini dikerjakan yang dikelola langsung para warga, sehingga warga setempat dapat memilih jenis program bantuan sesuai potensi desa masing-masing”. Selama program ini berjalan, bantuan yang disalurkan selalu diawasi dan di monitoring oleh Dinas Kehutanan Prov Jambi sehingga program tersebut dapat selesai dengan baik, karena bantuan tersebut merupakan swakelola.(Lukman S)